Cek Status Dana PIP 2025: Situs Sipintar untuk Pencairan Biaya SD-SMP Kemendikdasmen dan Kemendikbud Go.ID
BOJONG.MY.ID - Informasi untuk memeriksa data siswa melalui Sipintar, perhatikan jumlah dana PIP tahun 2025 bagi sekolah dasar hingga menengah pertama menggunakan ponsel. Cek di situs web PIP kemendikdasmen.go.id dan kemendikbud.go.id.
Berikut adalah detail mengenai jumlahdana serta cara mencairkan PIP tahun 2025 melalui ponsel Anda.
Berikut adalah langkah untuk memeriksa bantuan PIP melalui ponsel Anda pada tahun 2025 di situs web pip.kemdikbud.go.id 2025 atau halaman PIP Kemendikdasmen go-id.
Periksa langkah-langkah untuk mendaftarkan diri ke dalam program bantuan PIP tahun 2025 bagi pelajar SD hingga SMP.
Sesuai informasi, dana bantuan dari Program Indonesia Pintar (PIP) untuk tahun 2025 akan dijalankan dimulai pada hari Kamis, tanggal 10 April 2025.
Informasi kapan pencairan PIP 2025 ini disampaikan lewat akun resmi Sobat PIP.
Halo sobat PIP! Berita bagus bagi mereka yang berada di kelas terakhir. Pencairan bantuan keuangan pendidikan tahun 2025 sudah disiapkan untuk murid-muridkelas 6 SD, kelas 9 SMP, dan juga kelas 12 SMA/SMK. Mulai tanggal 10 April 2025 uang tersebut bisa diambil," demikian tertulis dalam unggahan akun Instagram @sobatpip pada hari Jumat, (4/4/2025).
Berdasarkan informasi yang tersedia, total peserta program PIP tahun 2025 untuk tingkat pendidikan terakhir yaitu di sekolah dasar berjumlah 938.160 siswa dan untuk sekolah menengah pertama berjumlah 911.625 siswa.
Sementara siswa SMA sebanyak 399.260 siswa, dan siswa SMK sebanyak 442.698 siswa.
Siswa SD/SDLB/Paket A menerima dana sebesar Rp 450.000 setiap tahunnya.
Untuk siswa baru dan siswa kelulusan biayanya adalah Rp 225.000.
Siswa SMP/SMPLB/Paket B menerima dana sebesar Rp 750.000 setiap tahunnya.
Sedangkan khusus siswa baru dan kelas akhir mendapatkan Rp 375.000.
Siswa SMA/SMK/SMALB/Paket C mendapatkan Rp 1.800.000 per tahun.
Selanjutnya untuk siswa baru dan siswa kelas terakhir biayanya adalah Rp 900.000.
Setelah orang tua dan siswa mengetahui jadwal pencairan dana PIP 2025, langkah selanjutnya adalah memeriksa daftar penerima program tersebut secara online lewat situs web atau aplikasi di telepon genggam mereka.

Ini caranya seperti dilansir Kompas.com :
- Via website
1. Kunjungi laman resmi https://pip.dikdasmen.go.id/
2. Masukkan NISN Anda serta NIK di kotak pencarian "Penerima PIP".
3. Masukkan hasil penghitungan keamanan yang terlihat.
4. Tekan tombol "Temukan Penerima PIP" guna mengidentifikasi para penerimanya.
5. Informasi tentang siswa yang telah memenuhi kriteria akan muncul.
- Via Ponsel/HP
Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti untuk memeriksa PIP 2025 lewat telepon seluler Anda:
1. Buka browser atau peramban yang ada di smartphone
2. Kunjungi laman web rasmi Program Indonesia Pintar (PIP) melalui pip.kemdikbud.go.id
3. Sesudah dibuka, temukan kotak pencarian berlabel "Cari Penerima PIP".
4. Masukkan NISN Anda serta NIK di kotak yang telah disediakan.
5. Pastikan untuk memasukkan kode captcha (umumnya merupakan penambahan dasar) ke dalam kotak yang disediakan.
6. Klik pada opsi "Verifikasi Penerima PIP"
7. Kemudian, daftar hasil penelusuran data akan tampil.
Apabila Anda telah didaftarkan sebagai peserta PIP pada tahun 2024, mohon pastikan untuk menginformasikannya kepada pihak sekolah agar mereka dapat membuatkan surat pengesahan tentang status penerimaan PIP. Untuk mengetahui prosedur pencairan dana PIP di tahun 2025, bisa langsung ditanyakan juga kepada pihak sekolah tersebut.
Pembayaran dilakukan di kasir dengan menggunakan buku tabungan serta kartu debit, atau dapat pula lewat ATM.
Untuk pelajar tingkat SD dan SMP, harus diawasi oleh orangtua atau wali mereka masing-masing.
Berikut adalah langkah-langkah untuk menerima cairan dana bantuan PIP yang perlu diikuti oleh siswa dan orang tua:
- Membawa buku tabungan untuk program Simpanan Pelajar (SimPel).
- Sediakan kartu identitas siswa ataupun orangtua/wali.
- Persiapkan kartu debit instan untuk akun SimPel Anda.
- Patuhi petunjuk yang telah disusun oleh bank pemberi kredit.
Harap dicatat, bahwa dana PIP tidak boleh dikurangi oleh siapa pun.
Laporkan segera apabila terdapat pengurangan atau pemanfaatan yang tidak sesuai.
Sesuaikan penggunaan dana PIP dengan aturan yang telah ditetapkan, khususnya untuk mendukung kebutuhan belajar Anda.
Uang tersebut bisa dipakai untuk membeli buku, seragam, peralatan menulis, tiket kendaraan menuju sekolah, ransel, sepatu, dan juga beban finansial tambahan yang mendukung proses pembelajaran.
Gunakanlah anggaran PIP secara tepat sasaran untuk memfasilitasi kemulusan proses belajar mengajarmu.
Via Sipintar
Orang tua atau murid bisa memeriksa apakah nama mereka tercatat sebagai penerima PIP 2025 lewat aplikasi SIPINTAR di situs web pip.kemdikbud.go.id.
Aplikasi SIPINTAR bisa digunakan secara daring melalui smartphone, tablet, atau perangkat lainnya.
Mereka cukup melakukan login di pip.kemdikbud.go.id dengan memakai NISN serta NIK dari siswa tersebut.
Perhatikan langkah-langkah untuk mengecek nama siswa penerima PIP pada tahun 2025 yang akan dijalankan mulai tanggal 10 April 2025 melalui platform SIPINTAR.
- Kunjungi laman SIPINTAR dengan alamat https://pip.dikdasmen.go.id/home_v1 atau klik link berikut
- Scroll ke bawah untuk mengakses kotak "Cari Penerima PIP"
- Silakan masukkan NISN dan NIK dari peserta didik tersebut.
- Masukkan jumlah yang terlihat di layar untuk mengonfirmasi identitas Anda.
- Klik 'Cek Penerima PIP'.
- Laman tersebut akan menampilkan detail tentang apakah data yang diinputkan berhak menerima PIP atau tidak.
Proses Pendaftaran Calon Penerima Bantuan Keuangan PIP bagi Murid SD-SMP
Program Indonesia Pintar (PIP) bisa jadi pilihan bagi siswa tidak mampu untuk bisa melanjutkan dan memenuhi kebutuhan selama sekolah.
Dikutip dari laman resminya, PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin, rentan miskin mendapat layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.
Apapun jalannya, baik itu melalui sistem formal dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan, maupun jalur non-formal mulai dari Paket A sampai Paket C serta pendidikan khusus.
"Dengan mengimplementasikan program ini, pemerintah bertujuan untuk mencegah peluang pemutusan pendidikan oleh peserta didik, serta diharapkan bisa memotivasi siswa yang telah keluar dari sistem pendidikan supaya kembali melanjutkan studinya," sebagaimana tertera pada situs web resmi mereka, Jum'at (4/4/2025).
Di samping itu, harapan dari PIP adalah untuk mengurangi beban biaya pendidikan pribadi para siswa, termasuk biaya langsung dan tak langsung.
Bagaimana siswa yang kurang mampu dan berisiko kemiskinan dapat memperoleh bantuan PIP?
Untuk mendapatkan bantuan PIP, anak atau pelajar perlu memenuhi kriteria tertentu sebagaimana dirujuk dari sumber tersebut. Berikut adalah persyaratan yang harus dipatuhi: Kompas.com :
1. Siswa adalah pemilik Kartu Indonesia Pintar yang diperoleh melalui proses pencocokan data antara Dapodik dan Data Terpadu Kelompok Masyarakat Rentan Kemiskinan di bawah Kementerian Sosial (Kemensos).
2. Murid-murid yang berasal dari latar belakang keluarga tidak mampu atau berisiko mengalami kemiskinan, dengan adanya pertimbangan tertentu, yakni:
- Siswa dengan status yatim dan/atau piatu, mencakup mereka yang tinggal di panti sosial atau panti asuhan
- Murid-murid yang baru mendaftar ulang ke sekolah setelah cuti karena putus sekolah dan siswa-siswa yang terkena dampak dari bencana alam.
- Murid-murid yang menjadi korban bencana di wilayah konflik.
- Siswa berkebutuhan khusus
- Siswa yang orangtua/ walinya sedang berstatus sebagai narapidana
- Murid yang memiliki status sebagai tersangka atau narapidana
Jika telah memenuhi semua persyaratan, Anda dapat segera melakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:
Cara daftar PIP
1. Menyiapkan dokumen-dokumen, meliputi Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), laporan nilai (rapor), serta surat pengumuman tentang penerima manfaat Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang dikeluarkan oleh sekolah.
2. Murid-murid mendaftarkan diri mereka di institusi pendidikan yang paling dekat.
3. Kemudian, sekolah tersebut akan merekam informasi tentang peserta yang berhak menerimanya.
4. Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) akan didaftarkan oleh sekolah bagi para calon yang berhak mendapatkannya.
Setelah terdaftar, anak atau pelajar dapat mengakses informasi tentang penerimaan PIP serta memperoleh detail tambahan lewat situs web resmi pip.kemdikbud.go.id.
Berikut adalah detail mengenai bantuan PIP tahun 2025 melalui cek pip kemdikbud go.id versi terupdate. Semoga berguna! (*)
Ikuti informasi terkini yang sedang tren di Google News , Channel WA , dan Telegram
Posting Komentar